Ultimate magazine theme for WordPress.

Jangan Negatif, Game Juga berikan Dampak Positif Untuk Anak

Jangan Negatif, Game Juga berikan Dampak Positif Untuk Anak

14

Sponsored

http://www.bizzaro-games.com/ Orang tua mana yang tahan melihat anaknya sibuk dengan game nya? Tidak ada bukan? Karena, bermain game sering dianggap jadi aktivitas yang membuang – buang waktudan tidak ada faedahnya, anggapan tersebut tidak selalu benar. Orang tua harus tau ternyata dibalik kekhawatiran yang dialami, game juga bisa memberikan dampak positif bagi anak kita.

Apa itu dampak Positif dari bermain game? berikut ulasannya

1. Membentuk Ikatan Persaudaraan Anak Menjadi lebih Erat

Setelah anak kita selesai bermain game, tidak ada salahnya kita sebagai orang tua juga ikut penasaran dengan aktivitas anak kita. Minta kepada anak untuk menceritakan kembali tentang keseruan apa saja yang ia alami selama bermain  game.

Perilaku tersebut dapat membantu anak kita untuk terus terbuka dan menceritakan semua hal yang dialaminya, sehingga ikatan anak kita dan saudaranya termasuk orang tua semakin lebih erat.

2. Melatih Kebiasaan Sosial Anak Lebih Berkembang

Untuk mengembangkan kemampuan bersosial anak juga bisa dilakukan dalam game. karena, dalam game tersebut secara tidak langsung  anak juga akan didorong dengan permainan yang berkelompok. Agar game tersebut mencapai kemenangan, pastinya setiap anak akan saling berdiskusi guna menyelesaikan misi.

Disinilah sosial anak akan terus berkembang. Tapi, sebagai orang tua jangan melepaskan anaknya begitu saja, selama diskusi dalam permainan masih berlangsung, tetaplah untuk mendampingi anak dan mengarahkan bagaimana cara berdiskusi yang benar.

3. Menempah Mental Pantang Menyerah

Ada level yang harus dilewati agar anak bisa mencapai level tertinggi dalam bermain game. Ini bisa membuat anak belajar dan sekaligus mengaplikasikan sikap pantang menyerah kalau ingin mendapat hasil yang maksimal.

Meskipun ada rasa capek, terkadang juga harus kalah beberapa kali, tapi karena didorong rasa penasaran dan ingin memberikan yang terbaik, anak kita akan rela berjuang. Bila perlu ia akan mengulangi terus dan terus hingga dia berhasil.

4. Dapat Mengatur Emosional Anak agar Terkendali

dengan bermain game, anak lebih bisa belajar bagaimana melatih emosi yang tepat sehingga lebih terkendali. Anak akan tahu bahwa untuk mendapatkan sesuatu, ia harus berjuang dulu. Ini sama seperti halnya saat ia berhasil menang dalam game setelah melakukan berbagai tantangan.

Dengan begitu, anak lebih bisa untuk menentukan tujuan yang akan dicapainya, dan tak gegabah untuk mewujudkannya dengan cara apapun. Karena semua ada petunjuk yang harus ia perhatikan.

5. Melatih Perkembangan Kreativitas Anak

Para orang tua percaya atau tidak kalau anak yang bermain video game bisa membuat kreativitas anak jadi muncul dan berkembang?

Nyatanya dari visual yang ditampilkan pada game bisa merangsang perkembangan kreativitas si anak. contohnya  saja, dari tampilannya membuat anak ingin menggambar, dari alur videonya membuat anak bisa menceritakan kembali melalui lisan atau tulisan dan sebagainya.

6. Melatih Anak Memecahkan Masalah

Dalam bermain game, biasanya selalu disertakan tantangan yang harus dipecahkan oleh pemainnya. Dari sini, anak kita akan berpikir bagaimana caranya memecahkan masalah tersebut dan berusaha menantang diri sendiri untuk bisa melewatinya permasalahannya.

oleh karena itu, saat bermain game anak juga akan dipandu dari petunjuk-petunjuk yang tersedia dan menganalisisnya sebelum benar-benar mengatasi masalah. Hal ini tentunya bisa melatih pemikiran anak untuk berpikir terlebih dahulu agar bisa memecahkan masalah.

Namun, perlu diperhatikan sebagai orang tua jangan membiarkan anak untuk memilih game nya sendiri, tapi Anda juga harus memilihkan games yang mengedukatif dan tentunya tidak mengandung unsur buruk yang bisa membahayakan daya pikirnya.

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Example Site - Frequently Asked Questions(FAQ)